KUMPULAN SOAL MOOC PPPK 2023 DAN KUNCI JAWABAN
1. Berikut ini termasuk Kode Etik dan nilai dasar Ber-AKHLAK, kecuali..
A.
Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat
B. Melaksanakan tugas dengan jujur,
bertanggung jawab, cermat, disiplin dan berintegritas tinggi
C. Tidak
menyalahgunakan kewenangan jabatan
D. Loyal kepada atasan
2. Berikut ini adalah
termasuk perilaku Akuntabilitas yang sesuai dengan konteks Core Values ASN
Berakhlak?
A. kemampuan menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara
bertanggung jawab, efektif dan efisien
B. kemampuan melaksanakan tugas dengan
jujur, bertanggung jawab, cekatan, disiplin dan integritas tinggi C. Kemampuan
menggunakan kewenangan jabatannya dengan fleksibel dan berintegritas tinggi
D.
Kemampuan beradaptasi dengan permintaan dan karakter masyarakat Indonesia yang
beragam
3. Yang manakah diantara panduan perilaku berikut yang merupakan kode
etik dari nilai berorientasi pelayanan ?
A. Menjaga nama baik sesama ASN,
Pimpinan,Instansi dan Negara
B. Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas
C. Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan
D. Melakukan perubahan tiada
henti
4. Sebutkan yang bukan merupakan fungsi ASN?
A. Pelaksana kebijakan publik
B. Pelayan Publik
C. Pengawas kegiatan publik
D. Perekat dan pemersatu bangsa
5.
Penyelenggaraan pelayanan publik dilakukan dengan menggunakan fasilitas dan
sumber daya manusia yang dibiayai oleh warga negara melalui pajak yang mereka
bayar adalah prinsip...
A. Akuntabel
B. Berkeadilan
C. Aksesibel
D. Efektif
6.
Dalam memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat, kedudukan masyarakat dalam
konteks tersebut adalah...
A. Masyarakat sebagai wajib pajak
B. Masyarakat
sebagai pengawas kinerja pemerintah
C. Masyarakat sebagai elemen adanya negara
D. Masyarakat sebagai penerima layanan
7. Menurut A. Imanto, siklus layanan
dimulai pada saat ... Dan berakhir pada saat ...
A. Dimulai pada saat konsumen
datang ke loket pelayanan dan berakhir ketika konsumen pulang
B. Dimulai saat
konsumen menemui kendala dan berakhir ketika keluhannya tertangani
C. Dimulai
saat konsumen memilih jenis layanan dan berakhir setelah menemui petugas
pelayanan
D. Dimulai pada saat konsumen mengadakan kontak pertama kali dengan
service delivery system dan berakhir sampai dengan selesai jasa tersebut
diberikan
8. Pegawai ASN dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan dicontohkan
dengan?
A. Mampu, akan, dan pasti menyelesaikan tugas yang mereka terima atau
pelayanan yang diberikan
B. Mengerjakan apapun yang diminta oleh masyarakat
tanpa banyak bertanya
C. Siap sedia 24 jam kapanpun dan dimanapun dibutuhkan
oleh masyarakat
D. Komitmen kuat memberikan pelayanan ditandai dengan datang
paling pagi dan pulang paling sore
9. Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang
Layanan Publik menyebutkan 12 Asas Pelayanan Publi kecuali...
A. Kompetitif
B.
Kesamaan hak
C. Keseimbangan hak dan kewajiban
D. Kepastian hukum
10.
Akuntabilitas merupakan kontrak antara pemerintah dengan aparat birokrasi dan
pemerintah yang diwakili oleh ASN dengan masyarakat, salah satu ciri kontrak
tersebut adalah ...
A. Akuntabilitas adalah kewajiban mutlak
B. Akuntabilitas
memiliki sifat fleksibel
C. Akuntabilitas adalah reaksi pertukaran sosial dua
arah antara yang menuntut dan yang bertanggung jawab.
D. Akuntabilitas adalah
akumulasi
11. Berikut urutan tingkatan akuntabilitas adalah :
A. Personal,
individu, keluarga, kelompok, organisasi, stakeholder
B. Personal, individu,
kelompok, organisasi, stakeholder
C. Personal, individu, kelompok, organisasi,
negara, stakeholder
D. Personal, individu, kelompok, pimpinan kelompok,
organisasi, pimpinan organisasi, stakeholder
12. Pilihlah pernyataan yang paling
tepat
A. Akuntabilitas personal mengacu pada nilai-nilai yang ada pada diri
seseorang seperti kejujuran integritas dan etika
B. Akuntabilitas individu
mengacu pada hubungan antara individu satu dan individu lainnya
C. Akuntabilitas
individu tidak mempengaruhi akuntabilitas personal
D. Akuntabilitas keluarga
merupakan pondasi dari akuntabilitas kelompok
13. Sesuai Permenpan RB Nomor 38
tahun 2017 tentang Standar Jabatan ASN, bahwa setiap ASN perlu memiliki 3 jenis
kompetensi dalam pelaksanaan tugas jabatannya yaitu :
A. Teknis, kepemimpinan
dan sosial kultural
B. Tugas, manajerial dan sosial kultural
C. Di teknis,
manajerial dan sosial kultural
D. Teknis, leadership dan sosial kultural
14.
Pernyataan dibawah ini yang menggambarkan perilaku kompeten ASN untuk
meningkatkan kompetensi diri yang relevan/tepat
A. Meningkatkan kompetensi diri
untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah diperlukan untuk jabatan
strategis di lingkungan ASN
B. Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab
tantangan yang selalu berubah adalah keniscayaan bagi setiap ASN
C. Meningkatkan
kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah adalah dipertemukan
jika disyaratkan dalam tugas jabatannya
D. Semua salah
15. Upaya untuk melakukan
kerja terbaik sebagai bagian perilaku kompeten ASN yang sesuai dibawah ini A.
Melakukan adaptasi terhadap pekerjaan merupakan keharusan
B. Melakukan adaptasi
terhadap perubahan lingkungan merupakan keharusan
C. Melakukan adaptasi terhadap
orang lain dan melakukan karya terbaik bagi pekerjaannya merupakan keharusan
D.
Melakukan adaptasi terhadap perubahan lingkungan dan melakukan karya terbaik
bagi pekerjaannya merupakan keharusan